Info Kesehatan Terupdate dan Intlektual, membagi tips gaya hidup yang sehat

Sunday 17 May 2015

Cara Mengatasi dan Mencegah Mabuk Perjalanan

Cara Mengatasi dan Mencegah Mabuk Perjalanan

Mengatasi Mabuk Perjalanan - Mabuk perjalanan adalah salah satu masalah umum ketika kita hendak berpergian jauh. Baik itu menggunakan kendaraan darat, laut dan udara.  Perjalanan menjadi tidak menyenangkan karena masalah tersebut. Jelas, tubuh menjadi lemas, kepala pusing bahkan disertai sakit, perut mual, sulit tidur, dan stres.

menurut orang awam medis, mabuk kendaraan (juga) dikaitkan dengan respon hidung ketika mencium aroma tajam seperti asap rokok dan minyak wangi di dalam kendaraan. Hal demikian menjadi pemicu mabuk kendaraan, sebab di dalam mobil tidak banyak tersimpan oksigen, melainkan karbondioksida, ditambah dengan sistem suspensi kendaraan yang kurang baik ketika mobil melaju di jalur yang tidak rata. Oke langsung saja dengan Cara Mengatasi Dan Mencegah Mabuk Perjalanan 


Cara Mengatasi dan Mencegah Mabuk Perjalanan :

Cara Mencegah Mabuk Perjalanan :

Sebelum terlambat, lakukan tindakan pencegahan berikut. :
  1.  Ketika hendak melakukan perjalanan jauh, pastikan kondisi tubuh berada pada status prima atau sehat.
  2.  Isi perut dengan makanan ringan seperti nasi dengan lauk tempe dan tahu. Hindari makanan berat yang butuh waktu lama untuk dicerna, juga hindari makanan yang mengandung lemak, pedas atau beraroma kuat seperti daging ikan.
  3.  Di dalam kendaraan, mata harus Anda buat fresh dengan memperhatikan objek sekitar melalui kaca, jangan terfokus pada gadget atau majalah.
  4.  Saat merasakan gejala mabuk kendaraan seperti mual dan pusing, hirup aroma minyak peppermint dan hisap permen jahe atau permen jamu.
  5.  Bila perlu, bawa MP3 agar Anda tidak bosan duduk lama di dalam kendaraan.

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan : 
Apabila terlanjur mengalami gejala mabuk kendaraan, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut.:
  1. Bila kondisi jalan tidak terlalu macet, lebih baik menepi dan bersitirahat sejenak agar otak kembali segar.
  2.  Bantu redakan pusing dengan mengoleskan minyak kayu putih pada leher dan kening.
  3.  Sehabis muntah, sebaiknya Anda bersihkan sisa muntahan di area mulut dengan cara berkumur air putih.
  4.  Berhenti sejenak di minimarket untuk membeli minuman atau larutan herbal seperti jahe-jahean.
  5.  Apabila anak Anda yang masih balita mengalami gejala mabuk kendaraan (lemas, keringat dingin, hingga nyaris pingsan) lebih baik istirahat, bila perlu cari puskesmas terdekat untuk meminta bantuan dokter.
  6.  Sesekali buka jendela mobil Anda, kemudian hirup udara dari luar, cara ini cukup ampuh untuk meringankan gejala pusing dan mual.
  7.  Apabila Anda melakukan perjalanan dengan kapal laut, coba hirup udara segar di dek kapal sambil melihat betapa indahnya lautan yang membentang.

Sekian informasi tentang Cara Mengatasi dan Mencegah Mabuk Perjalanan. semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Cara Mengatasi dan Mencegah Mabuk Perjalanan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown