Info Kesehatan Terupdate dan Intlektual, membagi tips gaya hidup yang sehat

Wednesday 18 March 2015

Akibat Berlebihan Minum Air Putih



Akibat Berlebihan Minum Air Putih

Akibat Berlebihan Minum Air Putih – Air Putih memang sehat untuk kesehatan kita. Tetapi jika kita minum berlebihan  bisa membuat penyakit dalam tubuh kita. Kali ini saya akan membagikan informasi tentang Akibat Berlebihan Minum Air Putih

Kebutuhan tubuh terhadap air per hari kira-kira sebanyak 2-3 liter sesuai dengan keadaan masing-masing orang. Namun jangan lantas berlebihan minum air putih. Overdosis mengonsumsi air putih juga memiliki efek samping bagi tubuh. Salah satunya yaitu terlalu sering berkeringat dan gangguan tidur.
Menurut pakar hyperhidrosis Profesor Mark Whiteley, kebanyakan minum air putih dihubungkan dengan keluarnya keringat secara berlebihan. Dalam beberapa kasus membuat seseorang harus melakukan tindakan bedah untuk mengangkat kelenjar keringat. Di lain sisi, berlebihan minum air putih akan mengusik waktu tidur seseorang.
“Karena ketika tidur, otak mengeluarkan ADH (anti-diuretic hormone) yang dapat memperlambat kerja ginjal dan menghentikan tubuh untuk merasakan ingin buang air kecil ketika malam hari,” kata Prof Whiteley yang juga konsultan bedah vaskuler di The Whiteley Clinic di London, seperti dikutip dari Detik Health.

Saat tubuh seseorang berlebihan kandungan airnya, sistem tubuh lebih sulit menerima kehadiran ADH. Akibatnya, orang tersebut menjadi sering merasa ingin buang air yang pada akhirnya tidur malamnya akan terganggu. Selain itu, dia juga lebih sulit untuk kembali terlelap.
Efek samping lainnya yaitu seseorang bisa meninggal akibat kelebihan air pada tubuh. Ini terjadi pada wanita 40 tahun bernama Jacqueline Henson di tahun 2008. Dia minum empat liter air dalam waktu beberapa jam. Menurut keterangan dari Dr Frankie Philips dari The British Dietetic Association, ginjal menjadi sukar mengatasi kelebihan air. Darah menjadi cair dengan kadar garam yang rendah.
Normalnya mengonsumsi air putih berdasarkan ukuran tubuh, keaktivan tubuh dalam bergerak, dan keadaan lingkungan. Rasa haus adalah indikator yang mudah diamati saat tubuh kekurangan cairan.
“Ketika Anda merasa haus, sebaiknya Anda minum. Juga dari warna urine yang dihasilkan tubuh. Semakin keruh warnanya, itu pertanda tubuh Anda membutuhkan cairan, dan jika warnanya semakin jernih itu menandakan Anda terlalu banyak minum,” kata Dr Philips.

 Sekian Informasi dari Saya , semogat bisa bermanfaat untuk kita semua, Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Akibat Berlebihan Minum Air Putih.
sumber : (Sidomi.com)

Akibat Berlebihan Minum Air Putih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown